Alamat

Jl. Raya Panglegur KM.4 Pamekasan

Telp./WA

+62 898-9700-500

Email

info@iainmadura.ac.id

Ibu Adalah Sekolah Pertama Dalam Kehidupan Seseorang

  • Diposting Oleh Admin Web IAIN Madura
  • Selasa, 31 Mei 2016
  • Dilihat 5 Kali
Bagikan ke

Ditulis oleh: Hosnol Khotimah

Sudah banyak terdiri di kota kita sekolah-sekolah baik dari jenjang SD, SMP, SMA, bahkan sampai Perguruan TInggi, akan tetapi kadang kala kita tidak menyadari bahwasanya sekolah yang pertama kita tempuh adalah ibu kita sendiri sesuai hadits nabi Al-Ummu Madrasa Al-Ula. Ibulah yang berperan penting dalam pembentukan karakter, sifat, watak, dan kepribadian anak. 

Namun ketika seorang anak sudah masuk sekolah tidak sedikit orang beranggapan bahwa   anak tersebut menjadi tanggung jawab sekolah, padahal peran ibu tak bisa tergantikan oleh siapapun, karena ibu memiliki peran lebih dari pada orang lain yakni membangun kecerdasan emosional anak dan membangun kecerdasan spiritual anak.

Ibu adalah gudang Ilmu bagi anak-anaknya, serta pusat peradaban sebagai wadah yang menghimpun sifat-sifat akhlak mulia yang akan diajarkan pada anknya sendiri. Sudah banyak kita ketahui dari berbagai kitab dan buku yang menjelaskan tentang peran ibu dalam kehidupan seseorang. 

Sosok ibu yang mulia tak kenal lelah dalam menjaga dan membing kita setiap hari siang malam ibu selalu mendampingi, menjaga dan mendidik kita. Di sekolah pun tak ada guru seperti sosok seorang ibu, karena ibu selalu mendidik anaknya selama 24 jam tanpa mengenal lelah demi kecerdasan anaknya baik dari segi keserdasan emosianal maupun kecerdasan spiritual seorang anak. 

Ibu adalah pahlawan yang sangat berjasa dalam kehidupan seseorang karena beliau selalu mendidik dalam kehidupan kita, tidak ada satupun di dunia ini yang bisa membalas jasa seorang ibu yang tak kenal lelah dalam membimbing anaknya dalam situasi apapun.

Tidak salah lagi apabila seorang ibu di katakan sekolah pertama dalam kehidupan seseorang, sebab dari awal seseorang masih bayi tidak bisa mengucapkan sepatah katapun sampai bisa mengucapkan banyak kata, semua itu tidak lepas dari peran seorang ibu. Banyangkan wahai saudara apabila manusia terlahir tanpa ada bimbingan dan perhatian dari seorang ibu maka mungkin saja dia tidak akan mengenal suatu ilmu atau tidak bisa berbicara bahkan bisa jadi kita tidak tau etika. Maka dari itulah sosok ibu sangat berperan penting dalam kehidupan seseorang.

Jadi sebagai Wanita (IBU) itu harus bisa mendidik anaknya dengan baik dan juga seorang Wanita harus belajar segala ilmu utamanya adalah tentang ilmu keagamaan, karena apabila seorang ibu tidak cerdas dalam segala hal maka itu akan berpengaruh pada anaknya seperti apabila ibu tidak tau etika maka otomatis anak tersebut akan mengikuti tingkah laku orang tuanya maka dari itu ibu adalah sebagai guru utama dan sekolah utama dalam kehidupan seseorang. 

Jadi bimbingan ibulah yang sangat berpengaruh terhadap baik tidaknya masa depan seseorang. Kita harus sadar bahwasanya ibu adalah guru utama dalam kehidupan kita semua dan IBU Is The Best.