Alamat

Jl. Raya Panglegur KM.4 Pamekasan

Telp./WA

+62 898-9700-500

Email

info@iainmadura.ac.id

Jahiliyah Modern bagi Martabat Kaum Hawa Masa Kini

  • Diposting Oleh Admin Web IAIN Madura
  • Senin, 30 Mei 2016
  • Dilihat 247 Kali
Bagikan ke

Ditulis oleh. Mutmainnah Mahasiswa (PBA) STAIN Pamekasan Semester 6.

Martabat perempuan dari masa ke masa terus berganti. Seperti yang kita ketahui Jahiliyah (bahasa arab : جاهلية, Jahiliyyah) merupakan masa dimana penduduk mekkah berada dalam ketidaktahuan (kebodohan),  ketidaktahuan (kebodohan) pada masa jahiliyah ini bukan dalam ilmu pengetahuan akan tetapi “ ketidak tahuan akan petunjuk ilahi”.  

Perempuan  pada masa jahiliyah ini derajatnya tidak berguna kecuali untuk memelihara keturunan dan mengatur rumah tangga, dan pada waktu-waktu tertentu di sebagian kecil masyarakat marak perempuan dianiaya. Perlakuan yang paling kejam pada zaman jahiliyah ialah jika wanita melahirkan bayi perempuan maka bayi itu akan dibuang bahkan dikubur walaupun masih hidup.    

Kini, kita memasuki era modern khususnya di Indonesia yang mana martabat wanita sudah diperjuangkan oleh ibu kartini dengan sebutan Emansipasi wanita, dengan ini martabat perempuan  diangkat, perempuan mempunyai persamaan hak dengan laki-laki, baik dalam ranah domestik maupun publik. 

Namun apabila kita melihat realita yang terjadi saat ini, marak  terjadi kasus pencabulan, penganiayaan, dan kekerasan seksual terhadap perempuan, walaupun sudah ada emansipasi terhadap wanita. Hal itu terjadi pada semua jenjang umur, baik anak-anak, remaja, maupun dewasa. 

Hingga saat ini kasus-kasus tersebut lebih meningkat setiap harinya  hingga ada yang dilecehkan kemudian dibunuh. Pada kasus inilah yang disebut martabat kaum hawa masa kini seperti pada masa jahiliyah atau yang disebut dengan jahiliyah modern bagi kaum hawa masa kini.