Alamat

Jl. Raya Panglegur KM.4 Pamekasan

Telp./WA

+62 898-9700-500

Email

info@iainmadura.ac.id

Persiapan Menyambut Awal Ramadhan

  • Diposting Oleh Admin Web IAIN Madura
  • Kamis, 2 Juni 2016
  • Dilihat 7 Kali
Bagikan ke

Ditulis OLEH : NUR HIDAYATULLAH

Telah kita ketahui bersama bahwa sekarang adalah detik-detik terakhir untuk menuju bulan yang penuh barokah dan mulia yaitu Bulan Ramadhan. Bulan ramadhan adalan bulan yang selalu dinanti-natikan oleh umat islam, karena bulan ramadhan merupakan kesempatan emas bagi kita umat Nabi Muhammad saw. yang disediakan oleh Allah SWT.

Salah satu tradisi yang dilaksanakan oleh Rasulullah saw. dalam menyambut bulan ramadhan yang mana tradisi tersebut masih dilaksanakan oleh umatnya dizaman sekarang, tradisi tersebut adalah memberikan kabar gembira kepada para umat muslim sedunia. Yang mana sesuai dengan sabda Rasulullah yang artinya :

“telah datang kepadamu bulan ramadhan, bulan yang diberkahi, Allah mewajibkan kepadamu untuk berpuasa dibulan tersebut, pada bulan ramadhan pintu-pintu surga telah dibuka dan pintu-pintu neraka ditutup rapat-rapat, serta para setan dibelenggu. Didalam bulan terebut terdapat pula suatu malam yang lebih baik dari pada seribu bulan atau bisa disebut juga dengan malam Lailatul Qadhar, barang siapa yang tidak memperoleh kebaikannya maka dia tidak memperoleh apa-apa. (HR. Ahmad dan Al-nasa’i).

Adanya bulan ramadhan merupakan bukti kasih sayang Allah kepada hambanya. Allah memberikan kesempatan emas kepada hambanya untuk beribadah, dan balasannya dilipat gandakan. Dalam menyambut tamu kemulian (bulan ramadhan) kita selaku umat islam sekaligus tuan rumah telah mempersiapkan semuanya apa saja yang akan disajikan pada bulan tersebut, diantaranya : persiapan mental, persiapan fisik, persiapan waktu dan persiapan menahan rasa lapar dan haus. Dari beberapa persiapan tersebut Insyaallah kita menyambut tamu kemulian itu dengan ganjaran yang bisa membawa kita kedalam surga yang telah dijanjikan oleh Allah SWT.