Alamat

Jl. Raya Panglegur KM.4 Pamekasan

Telp./WA

+62 898-9700-500

Email

info@iainmadura.ac.id

Workshop Penyamaan Persepsi Tentang Penyusunan Borang Akreditasi Program Studi MPI, HES, dan ES

  • Diposting Oleh Admin Web IAIN Madura
  • Rabu, 22 Juni 2016
  • Dilihat 23 Kali
Bagikan ke

Pamekasan, 18/06/2016. Program studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Hukum Ekonomi Syariah (HES), dan Ekonomi Syariah (ES) Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan mengadakan kegiatan Penyamaan Persepsi Peyusunan Borang Akreditasi. Dengan mengundang narasumber Wakil Rektor 1 IAIN Ponorogo, Dr. H. Basuki, M.Ag. Acara pembukaan pukul 09.00 dihadiri oleh 40 Orang peserta yang akan terlibat dalam penyusunan borang Akreditasi untuk ketiga Prodi tersebut. Terdiri dari tim yang melibatkan personil Kaprodi, Perpustakaan, P2M, P3M, TIPD, Akademik dan Arsiparis.

Acara dibuka oleh Ketua STAIN Pamekasan Dr. H. Taufikurrahman, M.Pd. Dalam sambutannya, Ketua STAIN Pamekasan menjelaskan bahwa di targetnya adalah ada sebelas prodi yang akan menyusun borang Akreditasinya. Pada tahun 2016 ini ada tiga Prodi yang ditargetkan untuk mengajukan Akreditasi ke BAN-PT, yakni Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Hukum Ekonomi Syariah (HES), dan Ekonomi Syariah (ES). Dan di tahun 2017 nanti ada tujuh yang menjadi target lembaga untuk mengajukan Akreditasi ke BAN-PT, yakni Prodi PGMI, PGRA, BKI, Tadris IPS, Tadris Bahasa Indonesia, IQT, KPI, Akuntansi Syariah. “Semoga dengan adanya kegiatan ini kita punya bekal yang cukup dalam penyusunan borang akreditasi nantinya, sehingga terjadi persamaan persepsi antara tim penyusun borang dengan apa yang diharapkan oleh asesor”, ungkap ketua STAIN.

Kemudian, Wakil Ketua I STAIN Pamekasan H. Achmad Mulyadi, M.Ag menyampaikan pengantar sebelum masuk ke sesi materi yang akan disampaikan oleh narasumber.

Dalam pemaparanya Wakil Ketua yang membidangi bidang akademik dan pengembangan lembaga ini menyampaikan bahwa dipilihnya Dr. H. Basuki, M.Ag sebagai narasumber adalah karena yang bersangkutan memiliki banyak pengalaman dalam penyusunan borang akreditasi dan mampu mengantarkan beberapa Program Studi di IAIN Ponorogo mendapatkan nilai akreditasi A. “Jadi kita perlu untuk menimba ilmunya bagaimana strategi agar bisa sukses dalam menyusun borang akreditasi, baik institusi maupun program studi, sehingga apa yang akan kita susun sebagai persyaratan untuk mengajukan akreditasi ke BAN-PT bisa maksimal sesuai dengan target yang diinginkan”, ungkapnya.

Selanjutnya, narasumber menyampaikan materi tentang kiat-kiat dan strategi menyusun borang akreditasi, dimulai dari pembahasan standar 1 sampai dengan standar 7 dengan disertai contoh dokumentasi borang yang cukup banyak dan lengkap kemudian dipraktekan langsung secara bersama-sama oleh peserta dan dikoreksi secara bersama-sama. Kegiatan berlangsung tertib, mulai pukul 09.30 WIB dan berakhir hingga Adzan maghrib berkumandang pukul 17.20 WIB.