Alamat

Jl. Raya Panglegur KM.4 Pamekasan

Telp./WA

+62 898-9700-500

Email

info@iainmadura.ac.id

Kerja Sama Kemitraan Bidang Kebahasaan dan Kesastraan dengan Balai Bahasa Jawa Timur

  • Diposting Oleh Admin Web IAIN Madura
  • Rabu, 10 Agustus 2016
  • Dilihat 31 Kali
Bagikan ke

Pamekasan, Sabtu, 06/08/2016 Prodi Tadris Bahasa Indonesia menyelenggarakan Kerja Sama Kemitraan Bidang Kebahasaan dan Kesastraan dengan Balai Bahasa Jawa Timur yang digelar di gedung Multi Center Lt II STAIN Pamekasan. Hadir sebagai narasumber penandatanganan MoU Drs. Amir Mahmud, M.Pd. (Selaku Kepala Balai Bahasa Jawa Timur), Kegiatan penandatanganan kerja sama kemitraan ini dibuka oleh Ketua STAIN Pamekasan (Dr. H. Taufiqurrahman, M.Pd.) dan dihadiri oleh sekjur Tarbiyah (Dr. Siswanto, M.Pd.I), dosen pengampu di Prodi Tadris Bahasa Indonesia, serta seluruh mahasiswa Prodi Tadris Bahasa Indonesia.

Dalam sambutannya, Dr. H. Taufiqurrahman, M.Pd. mengatakan tentang pentingnya kerja sama kelembagaan antar instansi. Kerjasama antar perguruan tinggi atau dengan Balai Bahasa merupakan upaya memecahkan isolasi institusional yang dihadapi perguruan tinggi, baik pada level lokal, nasional, regional, maupun internasional terutama dalam upaya peningkatan mutu akademik prodi Tadris Bahasa Indonesia.

Di samping itu, menurut Ketua Prodi Tadris Bahasa Indonesia (Moh. Hafid Effendy, M.Pd.) mengatakan tentang sekelumit pentingnya kerja sama antar kelembagaan atau instansi. Kerjasama antar perguruan tinggi atau lembaga lain baik dalam maupun luar negeri telah diatur dengan jelas dalam pasal 122 ayat (1) Peraturan Pemerintah Nomor 30 Tahun 1990. Pasal tersebut memberikan legitimasi pentingnya jalinan kerja sama perguruan tinggi dalam rangka peningkatan dan pengembangan kualitas serta pengembangan institusional sebuah perguruan tinggi secara keseluruhan. Hafid sapaan akrabnya juga memaparkan bahwa tujuan dilaksanakannya kerja sama kemitraan meliputi; 1) Membangun kemitraan dengan kelembagaan baik lokal, regional maupun internasional dalam rangka meningkatkan kualitas Prodi seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi; 2) Memperluas kesempatan civitas academica mengembangkan prestasi akademik dan profesionalisme melalui kerjasama dengan instansi mitra; 3) Membangun kemitraan dan mencarikan peluang-peluang bagi lulusan STAIN untuk bekerja di instansi mitra yang profesional; 4) Memperluas jalinan kemitraan dengan lembaga donor untuk pengembangan kerjasama dengan dasar kebersamaan dan profesionalisme; 5) Meningkatkan kemampuan berkembang lembaga dan mengaplikasikan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni; dan 6) Mengembangkan bidang-bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat; Oleh karena itu, dalam kesempatan ini ada beberapa ruang lingkup kerja sama yang disepakati oleh kedua belah pihak, diantaranya: 1) Pengembangan pembelajaran kebahasaan dan kesastraan; 2)Penyelenggaraan kegiatan pembinaan (Duta Bahasa, Gerakan Cinta Bahasa Indonesia, lomba, dan temu ilmiah) dan pengkajian kebahasaan dan kesastraan; 3) Penyelenggaraan workshop tentang kebahasaan dan kesastraan; 4) Pelaksanaan Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) dan 5) Pengembangan pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA); 5) Pelaksanaan praktik kerja lapangan (PKL)/ (PKM).*)