Alamat

Jl. Raya Panglegur KM.4 Pamekasan

Telp./WA

+62 898-9700-500

Email

info@iainmadura.ac.id

Kontribusi Mahasiswa Dalam Menyongsong IAIN MADURA Lebih Maju

  • Diposting Oleh Admin Web IAIN Madura
  • Rabu, 23 Mei 2018
  • Dilihat 37 Kali
Bagikan ke

Oleh:Nurus Shabahah Institut Agama Islam Negri Madura

Mahasiswa adalah sebutan bagi seorang peserta didik yang sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi atau yang biasa dikenal dengan sebutan universitas atau kampus, dimana mahasiswa disini memiliki peran penting sebagai agen perubahan. Dalam artian kita tidak hanya menjadi penggagas perubahan, tetapi menjadi objek atau pelaku dari perubahan tersebut. Perubahan yang di maksud adalah perubahan yang posistif bukan perubahan yang negatif.

Peran mahasiswa di dalam dunia kampus di butuhkan sekali, karena itu merupakan kunci bahwa mahasiswa itu aktif, kretif, dan mandiri, dalam mengerjakan segala sesuatu dalam ruang lingkup khusunya dibidang pendidikan baik itu di dalam universitas. peran mahasiswa sangatlah dibutuhkan dalam lembaga pendidikan khususnya di universitas. karena mahasiswa disamping untuk mengembangkan lembaga pendidikan tersebut, mahasiswa ikut berpartisipasi dalam segala kretifitasnya, baik dalam akademis maupun non-akademis.

Mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa yang diharapkan memiliki kemampuan, ketrampilan, dan akhlak yang mulia. Dengan demikian terdapat kemandirian, kreatifitas, inovasi, yang ada dalam diri mahasiswa dan sangat dibutuhkan sekali didalam lembaga pendidikan.

Mahasiswa harus memiliki potensi yang besar untuk menyongsong suatu universitas lebih maju. dengan demikian banyak yang mengharapkan suatu saat nanti terjadi perubahan di universitas tersebut agar bisa menuju arah yang lebih baik. Salah satunya universitas yang berubah adalah STAIN PAMEKASAN yang beralih status menjadi IAIN MADURA, perubahan ini terjadi karena peran aktif dari mahasiswa, bertambahnya prodi yang baru, banyaknya mahasiswa yang minat ingin masuk kampus IAIN MADURA, bertambahnya gedung-gedung yang baru, dan juga dukungan serta partisipasi para dosen. hal ini menjadi peran penting dalam beralihnya status STAIN PAMEKASAN menjadi IAIN MADURA.

IAIN MADURA adalah Perguruan Tinggi Institut Agama Islam Negeri di Madura provinsi Jawa Timur, Indonesia. yang sekarang beralamat di jalan Panglegur KM. 04 Pamekasan. Yang memiliki visi dan misi yang bagus, yang ingin menghasilkan lulusan yang berakhlaqul karimah, cerdas, dan bisa mengembangkan ilmu pengetahuan yang dimilikinya. IAIN Madura juga bertujuan untuk:

Menyiapkan peserta didik yang memiliki karakteristik keagungan akhlaqul karimah, kearifan spiritual, keluasaan ilmu, kebebasan intelektual dan profesional; Melakukan penelitian dan pengembangan ilmu-ilmu keislaman; dan Menyebarluaskan ilmu-ilmu keislaman dan ilmu lainnya serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat dan kekayaan budaya nasional

Jadi Peran mahasiswa dalam lingkup kampus sangatlah penting, Mahasiswa adalah sebutan bagi orang yang sedang menempuh pendidikan tinggi di sebuah perguruan tinggi yang terdiri atas sekolah tinggi, akademik, dan yang paling umum adalah universitas Menyandang gelar mahasiswa merupakan suatu kebanggaan sekaligus tantangan, mahasiswa memiliki beberapa peranan yaitu peran moral, social, dan intilektual untuk menyongsong kemajuan kampus.