Alamat

Jl. Raya Panglegur KM.4 Pamekasan

Telp./WA

+62 898-9700-500

Email

info@iainmadura.ac.id

FAKULTAS SYARIÁH IAIN MADURA TURUT SERTA DALAM PERUMUSAN KABINET PRESIDENSIAL

  • Diposting Oleh Admin Web IAIN Madura
  • Selasa, 3 September 2019
  • Dilihat 14 Kali
Bagikan ke

(Jakarta, 03 September 2019) iainmadura.ac.id.--Bertempat di Istana Negara, Presiden Republik Indonesia Ir. H. Jokowidodo mengundang  Asosiasi Pengajar Hukum Tata Negara dan Adminstrasi Negara (APHTN-HAN) se Indonesia. Kegiatan ini di maksudkan untuk memberikan kontribusi dalam perumusan kabinet  presidensial yang  efektif dalam tatanan sistem  multi-partai di Indonesia yang saat ini sedang dipersiapkan presiden bersama para timnya.

Turut hadir pada kesempatan ini dosen hukum tata negara Fakultas Syariáh IAIN Madura Achmad Faidi MA., LL.M. Dalam artikelnya ia menulis bahwa sistem pemerintahan presidensial yang dibangun di atas tatanan multi-partai cendrung problematis jika tidak dirumuskan dengan tepat. Kebijakan presiden akan rentan tersandera oleh kepentingan partai di parlemen, mengingat parlemen merupakan representasi partai politik yang berwarna-warni.

Oleh sebab itu ia menuturkan, bahwa pilihan konstruksi ketata-negaraan yang tepat dapat membantu efektifnya kinerja pemerintahan kabinet presidensial yang dibentuk. Salah satu contohnya adalah dengan membentuk koalisi partai politik yang permanen dalam setiap periode pemerintahan.(Humas)