Alamat

Jl. Raya Panglegur KM.4 Pamekasan

Telp./WA

+62 898-9700-500

Email

info@iainmadura.ac.id

IAIN Madura Jalin Kerjasama dengan Al Rifaq University for Humanitarian and Applied Science - Tripoli, Libya

  • Diposting Oleh Admin Web IAIN Madura
  • Rabu, 3 Februari 2021
  • Dilihat 12 Kali
Bagikan ke

PAMEKASAN. IAIN Madura melakukan penandatanganan nota kesepahaman Memorandum of Understanding (MoU) dengan Al Rifaq University for Humanitarian and Applied Science - Tripoli, Libya. Selasa. (02/02/2021). Isi kerjasama antara IAIN Madura dengan Al Rifaq university for Humanitarian and Applied Science Tripoli meliputi unsur tri dharma perguruan tinggi, baik kegiatan akademik, penyelenggaraan penelitian bersama, pemberdayaan dan pengembangan masyarakat Madura, kegiatan seminar ilmiah, juga publikasi ilmiah-internasional.

Rektor IAIN Madura, Dr. H.Mohammad Kosim, dalam sambutannya menyambut baik keinginan Al Rifaq University for Humanitarian and Applied Science - Tripoli, Libya untuk bekerjasama dan berkolaborasi dengan IAIN Madura. Rektor melihat kerjasama ini memiliki sejumlah arti penting dari berbagai aspek mulai dari sosial, budaya, keagamaan hingga hal-hal strategis lainnya. "Kerjasama internasional memiliki arti penting bagi kedua belah pihak. Libya dan Mesir memiliki kesamaan secara sosial, budaya dan keagamaan. Kesamaan ini juga memiliki kemiripan dengan Indonesia maka dari itu kerjasama ini dapat memberi manfaat untuk kedua belah pihak. kata Rektor. Al Rifaq University for Humanitarian and Applied Science - Tripoli melihat IAIN Madura sebagai Perguruan Tinggi Keagamaan Islam yang terus melakukan pengembangan diri di berbagai aspek.

Selain itu, sebagai Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri satu-satunya di bumi Madura, IAIN Madura memiliki peran penting dalam mengembangkan masyarakat Madura. Hal ini juga menjadi daya Tarik tersendiri bagi Universitas Al-Rifaq Libya untuk mengadakan kerjasama, khususnya dalam pemberdayaan masyarakat Madura. Sementara itu Warek 3 IAIN Madura Dr. H.Mohammad Hasan, M.Ag sebagai Warek yang membidangi Kemahasiswaan dan Kerjasama mengungkapkan, Kerjasama dengan Al Rifaq University for Humanitarian and Applied Science - Tripoli ini sekaligus menjadi pembuka kerjasama IAIN Madura di kawasan Afrika. Kerjasama dengan kampus di Libya ini dapat membuka kesempatan bagi IAIN Madura untuk memperkuat kerjasama ke sejumlah negara lain di Afrika seperti Mesir, Maroko, Aljazair, Sudan.

Proses MOU ini tidak lepas dari peran Hj. Siti Maisaroh Lc. M.Pd.I sebagai mediator sekaligus penerjemah dari jalannya kerjasama ini, dosen Bahasa Arab alumni Al Azhar ini mengatakan bahwa kerjasama Al Rifaq University asal libya ini sudah beberapa kali dilakukan di Indonesia, kali ini dilakukan di Madura yaitu dengan IAIN Madura. Meskipun dilakukan pada masa pandemi Covid-19. Namun proses pembicaraan dan penandatanganan kerjasama ini tetap dilakukan dengan implementasi protokol kesehatan yang ketat.(humas)