Alamat

Jl. Raya Panglegur KM.4 Pamekasan

Telp./WA

+62 898-9700-500

Email

info@iainmadura.ac.id

Pascasarjana IAIN Madura Teken MOU Penguatan Moderasi Beragama di Kabupaten Pamekasan

  • Diposting Oleh Admin Web IAIN Madura
  • Kamis, 21 Juli 2022
  • Dilihat 9 Kali
Bagikan ke

 

(iainmadura),-Pascasarjana IAIN Madura mengadakan acara yang bertemakan “Sosialisasi Prodi dan MoU dalam Penguatan Moderasi Beragama pada Satuan Pendidikan Madrasah dan Sekolah”. Acara yang berlangsung pada hari Rabu ini (20Juli 2022) merupakan implementasi dari amanah Menteri Agama Republik Indonesia dan Rektor IAIN Madura tentang penguatan Moderasi Beragama agar terciptanya masyarakat yang damai dan sejahtera. Selain itu, acara ini juga merupakan salah satu dari rentetan acara Harlah IAIN Madura ke-56 yang berlangsung sejak tanggal 20 Juli sampai 26 Juli tahun 2022.

Acara ini berjalan dengan sangat khidmat yang diawali dengan sambutan dari Direktur Pascasarjana IAIN Madura, Dr. H. Atiqullah, M.Pd. Dalam sambutannya Dr. H. Atiqullah, M.Pd menyampaikan bahwa penguatan moderasi beragama ini merupakan amanah yang perlu dimplementasikan baik dalam ranah teoritis maupun praktis, maka dari ini IAIN Madura melalui Program Pascasarjana melakukan MoU dengan beberapa Instasi seperti Kementrian Agama di Pamekasan, Dinas Pendidikan Pamekasan dan Cabang Dinas Jawa Timur di Pamekasan dan beberapa Ormas yang berada di sekitar lingkungan IAIN Madura. Kerjasama yang dipelopori oleh IAIN Madura dalam penguatan moderasi beragama disambut baik oleh beberapa instansi dan ormas yang hadir dalam acara ini.

Hal ini sebagaimana disampaikan oleh bapak Mawardi, Kepala Kemenag Pamekasan, bahwa penguatan moderasi beragama juga merupakan salah satu program dari tujuh program yang menjadi target Kemenag Pamekasan, maka dalam penguatan moderasi beragama, IAIN Madura bisa bersinergi dengan Kemenag Pamekasan bisa dalam bentuk IAIN Madura yang menyusun moderasi beragama secara teoritis dan kami dari Kemenag Pemekasan akan mengimplementasikan dalam ranah praktis di madrasah maupun di lingkungan Kemenag Pamekasan.   

Respon positif juga disampaikan oleh Bapak Slamet selaku Kepala Cabang Dinas Jawa Timur di Pamekasan bahwa kami siap untuk menfasilitasi penguatan moderasi beragama baik di sekolah SMK maupun di SMA karena penguatan moderasi beragama ini seirama dengan program dari Mendekbud yaitu Profil Pelajar Pancasila sehingga kami akan senantiasa siap menfasilitasi dan berkalaborasi dalam penguatan moderasi beragama di Pamekasan.

acara ini dilanjutkan Penandatangan Nota kesepahaman (MOU) antara Pascasarjana IAIN Madura dengan beberapa instansi dan ormas yang hadir dalam acara ini yaitu, Fatayat NU, PMII Pamekasan,FKWUB,ANSOR, FKSK,dll (Humas)