Alamat

Jl. Raya Panglegur KM.4 Pamekasan

Telp./WA

+62 898-9700-500

Email

info@iainmadura.ac.id

Lembaga Penjaminan Mutu IAIN MADURA, Ekspos Hasil Audit Mutu Internal dan 1StSurveillance Audit ISO

  • Diposting Oleh Admin Web IAIN Madura
  • Kamis, 1 September 2022
  • Dilihat 19 Kali
Bagikan ke

 

(iainmadura.ac.id),-Lembaga Penjaminan Mutu IAIN Madura menyelenggarakan kegiatan Ekspos Hasil AMI dan 1St Surveillance Audit ISO di Ruang Sidang Gedung Rektorat Lantai 1 IAIN Madura. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Pelaksanaan Surveillance ISO yang dilakukan oleh Auditor Mutu Eksternal dari PT. Decra Group Indonesia pada tanggal 13-15 Juli 2022, serta Penyampaian Hasil Audit Mutu Internal yang dilakukan pada Pekan AMI dari tanggal 8-12 Agustus 2022.

 

Hadir pada kegiatan tersebut sejumlah Pejabat Kelembagaan sekaligus Auditi di Lingkungan IAIN Madura. Diantaranya Rektor, Kabiro AUAK, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga, Dekan, Wakil Dekan, Pengelola Pascasarjana, Ketua Prodi dan Ketua/Kepala Unit Kelembagaan di IAIN Madura: LP2M, UPT. Perpustakaan, TIPD dan Pusat Pengembangan Bahasa. Sejumlah Auditor Mutu Internal IAIN Madura yang diwakili oleh Lead Auditor dalam pelaksanaan AMI juga turut menghadiri acara tersebut.

 

Mulyadi, Ketua Lembaga Penjaminan Mutu IAIN Madura menyampaikan bahwa Kegiatan Ekspos saat ini berbeda dengan sebelumnya, karena dilaksanakan sekaligus yakni penyampaian hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh Auditor Eksternal sekaligus Auditor Mutu Internal IAIN Madura, yang sebelumnya dilaksanakan secara terpisah. Hal tersebut menurutnya menjadi moment untuk terus meningkatkan dan memastikan keterlaksanaan Sistem Penjaminan Mutu di lingkungan IAIN Madura berjalan secara representatif.

 

Kegiatan Penyampaian Hasil Audit Mutu Internal dan 1StSurveillance Audit ISO tersebut dihantarkan langsung oleh Rektor IAIN Madura. Saiful Hadi, sebagai Rektor IAIN Madura dalam sambutannya menyampaikan kegiatan Ekspos ini merupakan point penting yang harus disemangati bersama dalam menjamin keterlaksanaan Budaya Mutu di Lingkungan IAIN Madura. Temuan yang disampaikan dalam kegiatan Audit yang dilakukan oleh pihak eksternal maupun eksternal harus ditindaklanjuti bersama dalam rangka perbaikan Sistem Manajemen Mutu dan Kelembagaan IAIN Madura yang tujuannya untuk penguatan Institusi dalam mencapai target dan standar yang dirumuskan secara bersama-sama menuju Institusi Unggul.

 

Fatati Nuryana sebagai Kepala Pusat Pengendalian, Audit, Pemantau dan Penilaian Akademik LPM IAIN Madura sekaligus Lead Auditor dalam pelaksanaan Audit Mutu Internal menyampaikan beberapa temuan yang terdiri atas temuan positif dan negatif dalam pelaksanaan AMI 2022. Menurutnya, Temuan positif harus selalu dipertahankan dan ditingkatkan performanya supaya bisa signifikan dalam mendorong performa Institusi, sedangkan temuan negatif harus diperbaiki dan ditindaklanjuti secara bersama-sama dalam rangka perbaikan keterlaksanaan SPMI ke depannya.

 

Selanjutnya, Penyampaian Hasil Audit Eksternal ISO disampaikan oleh Ketua LPM IAIN Madura. Dalam paparannya dijelaskan bahwa dalam Surveillance Audit ISO ditemukan 53 temuan, yakni 35 temuan bersifat Observasi dan 18 temuan lainnya merupakan temuan minor. Temuan ini harus ditindaklanjuti bersama, khususnya pada penanggung jawab yang sudah ditunjuk untuk menindaklanjuti, memenuhi dan memperbaiki kausul temuan yang disampaikan. (HUMAS/Habib)