Alamat

Jl. Raya Panglegur KM.4 Pamekasan

Telp./WA

+62 898-9700-500

Email

info@iainmadura.ac.id

Wisuda Sarjana Ke 37 dan Magister Ke 17 IAIN Madura, Rektor: Moderasi Beragama Merupakan Kunci Terciptanya Kerukunan Beragama

  • Diposting Oleh Admin Web IAIN Madura
  • Senin, 23 Oktober 2023
  • Dilihat 45 Kali
Bagikan ke

Pamekasan – Bertempat di Gedung Auditorium pelaksanaan Sidang Terbuka Senat IAIN Madura Wisuda Sarjana Ke 37 dan Magister Ke 17 Semester Gasal Tahun Akademik 2023/2024 digelar selama dua hari mulai tanggal 21-22 Oktober 2023. Pada hari pertama sidang terbuka resmi dibuka oleh Ketua Senat IAIN Madura Dr. H. Achmad Muhlis, M.A. dan pada hari kedua dibuka oleh Prof. Dr. H. Moh. Zahid, M.Ag.

Prosesi wisuda dihadiri oleh seluruh Senat yang berasal dari para Dekan Fakultas, Direktur Pascasarjana, Guru Besar, sekretaris dan anggota senat IAIN Madura. Selama dua hari IAIN Madura mewisuda sebanyak 856 wisudawan/wisudawati. Pada hari pertama Rektor mengukuhkan 429 wisudawan/ti dengan rincian Prodi Magister HKI 6 wisudawan, Magister PAI 43 wisudawan dan sisanya Sarjana (S1) 380 wisudawan yang berasal dari 7 program studi strata 1. Pada hari kedua Rektor mengukuhkan 427 wisudawan sarjana strata 1, jumlah tersebut berasal dari 9 program studi.

Dalam sambutannya Rektor IAIN Madura Dr. H. Saiful Hadi, M.Pd. mengucapkan selamat dan mengapresiasi lulusan atas pencapaian menjadi sarjana yang mampu memberikan kontribusi positif dan terus berusaha untuk mencegah berbagai kemungkaran yang ada di masyarakat. Selain itu, Rektor juga berpesan kepada para alumni untuk ikut memikul tanggung jawab keilmuan yang telah diperoleh selama berada di bangku kuliah guna mencerdaskan kehidupan bangsa dan negara. “Kalian dituntut untuk menjadi insan-insan terbaik di tengah kehidupan masyarakat”, pesan Rektor.

Selanjutnya Saiful Hadi juga mengingatkan bahwa setelah lulus, kita akan menghadapi tahun politik, dimana para alumni diminta untuk selalu dan tetap menjadi bagian dari civitas akademika IAIN Madura dengan ikut menjaga harmoni dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara yang beraneka ragam. “Oleh karena itu, tugas kita menghadapi tahun politik adalah bagaimana membangun dinamika kehidupan menjadi lebih baik”, lanjut Saiful.

Pada pesan terakhir kepada wisudawan/wisudawati beliau menekankan sebagai generasi milenial, penting bagi kita menjaga atau mengarahkan generasi yang akan datang agar tidak terjebak dalam radikalisme/ekstrimisme, maka dari itu sebagai bagian dari civitas akademik IAIN Madura, para lulusan juga dituntut untuk menjadi simpul kampus yang selalu meneladani perilaku kehidupan Rasulullah SAW untuk selalu mengimplementasikan nilai-nilai moderasi beragama. “Kampus kita menasbihkan sebagai kampus yang moderat dalam berideologi, dengan menggelorakan nilai-nilai moderasi beragama dalam dinamika kehidupan bermasyarakat. Karena berdasarkan hasil kajian akademis menyimpulkan bahwa Moderasi Beragama merupakan kunci terciptanya kerukunan beragama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara”. tegas Rektor.

Pada akhir sambutannya Saiful Hadi mengucapkan terima kasih atas nama institusi kepada para orang tua/wali mahasiswa telah memberikan kepercayaan kepada IAIN Madura untuk menjadi bagian penting dalam menumbuhkembangkan atau membangun citra kehidupan yang lebih baik di tengah-tengah kehidupan masyarakat dengan Pendidikan Islam yang ada di IAIN Madura.

(AF/Humas IAIN Madura)