Alamat

Jl. Raya Panglegur KM.4 Pamekasan

Telp./WA

+62 324 6123433

Email

info@iainmadura.ac.id

Hadirkan Prof. Aksin, FAUD IAIN Madura Gelar FGD Penguatan Bimbingan Penelitian Mahasiswa

  • Diposting Oleh Admin Web IAIN Madura
  • Rabu, 22 November 2023
  • Bagikan ke

Pamekasan – Fakultas Ushuluddin dan Dakwah IAIN Madura hari ini menggelar Focus Group Discussion (FGD) dalam rangka penguatan bimbingan penelitian mahasiswa. Acara ini dibuka oleh rektor IAIN Madura Dr. H. Saiful Hadi, M.Pd. di Hotel Cahaya Berlian Pamekasan pada Rabu (22/11/2023). Dalam sambutannya Saiful Hadi menyampaikan bahwa untuk menghasilkan sebuah karya atau tulisan yang baik, maka langkah-langkah dalam melaksanakan penelitian yang benar harus dilaksanakan. “Publikasi yang baik dihasilkan dari penelitian yang baik,” jelas Rektor.

Pada kesempatan ini, Dekan Fakultas Ushuluddin dan Dakwah (FAUD) IAIN Madura, Dr. Ah. Fawaid, Lc., M.A., menyampaikan bahwa acara ini diselenggarakan untuk meningkatkan kemampuan literasi kepenulisan dan juga penelitian bagi mahasiswa, di mana dalam mewujudkan itu semua, maka peran dosen menjadi keharusan untuk mengembangkan pengetahuan penelitian ini dalam membimbing mahasiswa baik penulisan artikel maupun tugas akhir skripsi. 

“Perlu kami sampaikan pada pak rektor, bahwa kami di FAUD sudah melaksanakan peningkatan academic writing setiap hari rabu yang diperuntukkan kepada peningkatan literasi meneliti para mahasiswa. Sementara kegiatan ini diperuntukkan kepada para dosen yang notabene mereka berperan sebagai Dosen Pembimbing Akademik (DPA) yang salah satu perannya memberikan bimbingan rencana penelitian akhir mahasiswa,” ujarnya.  

Selain itu, FAUD IAIN Madura dalam melaksanakan penelitian juga disesuaikan dengan roadmap penelitian yang ada di tiga prodi yaitu prodi IQT, ILHA dan KPI untuk dosen dan mahasiswa, dan roadmap ini sejatinya menjadi acuan bersama.

Acara ini diisi oleh Prof. Dr. Aksin, S.H., S.Ag., M.Ag., dari IAIN Ponorogo, dengan dihadiri oleh seluruh Pimpinan Rektorat, dosen Fakultas Ushuluddin dan Dakwah IAIN Madura dan juga dari beberapa unsur pimpinan di lingkungan fakultas.

Dalam kesempatan ini, Prof. Aksin menjelaskan tips meneliti dan menuliskan hasil penelitian berdasarkan pengalaman pribadinya. Salah satu kuncinya adalah kerangka penelitian berupa pra proposal, bab 1 pendahuluan, unsur-unsur bahasan dan bab VI penutup. Namun, menurutnya hal itu sudah biasa beliau lakukan. “Satu bulan bisa selesai, setebal apapun nanti hasil penelitiannya,” imbuh Aksin.

Pewarta: Moh. Zuhdi

Editor: Achmad Firdausi / Humas