Alamat

Jl. Raya Panglegur KM.4 Pamekasan

Telp./WA

+62 898-9700-500

Email

info@iainmadura.ac.id

Sukses Laksanakan Rapat Evaluasi Kinerja Tahun 2023, Rektor: Tahun 2024 Targetkan Layanan Terintegrasi dalam Satu Aplikasi

  • Diposting Oleh Admin Web IAIN Madura
  • Senin, 25 Desember 2023
  • Dilihat 58 Kali
Bagikan ke

Banyuwangi – Di penghujung tahun 2023 tepatnya pada Kamis (21/12) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura melaksanakan Rapat Kerja (Raker) Evaluasi Institusi Tahun 2023. Kegiatan ini dilaksanakan di Meeting Room Hotel Kalibaru Cottages Banyuwangi selama tiga hari mulai tanggal 21-23 Desember 2023. Pada kesempatan ini seluruh peserta rapat merupakan pejabat structural dan Sebagian fungsional tenaga kependidikan mulai Rektor, Wakil Rektor, Kepala Biro, para Dekan, Kepala Bagian, Kepala Subbagian, Kepala UPT, Fungsional Keuangan dan Perencanaan, serta Humas IAIN Madura.    

Kegiatan ini dibuka dengan sambutan Kepala Biro (Kabiro) AUAK IAIN Madura Dr. Syamsul Bahri, M.Pd.I. Beliau melaporkan beberapa hal terkait kegiatan ini sekaligus menyampaikan harapan dengan diadakannya kegiatan ini agar bisa menghasilkan perbaikan terhadap program yang telah dilaksanakan selama tahun 2023 serta menghasilkan perencanaan yang lebih maksimal lagi untuk program-program strategis pada tahun anggaran 2024.

“Semoga kegiatan ini berjalan lancar, menghasilkan program yang maksimal, dan saya harapkan semua peserta Raker bisa mencurahkan tenaga dan pikirannya secara maksimal sehingga raker ini menghasilkan output yang membawa kemaslahatan atau kebaikan untuk kampus kita kedepannya,” harap Syamsul yang juga ketua panitia kegiatan ini.

Senada dengan Kabiro AUAK, Dr. Saiful Hadi, M.Pd. selaku rektor dalam arahannya juga menekankan bahwa rapat kerja kali ini bertujuan untuk mengevaluasi semua kegiatan yang telah terlaksana pada tahun 2023 serta menjadi referensi untuk tahun anggaran 2024. “Bapak/Ibu sekalian bahwa raker kali ini bertujuan untuk mengevaluasi kebijakan atau program yang telah kita laksanakan di tahun 2023, dan hasil evaluasi kegiatan akhir tahun ini akan menjadi referensi bapak/ibu dalam operasionalisasi atau implementasi program-program strategis yang kita susun pada tahun 2024 untuk lebih baik lagi, baik yang berkenaan dengan layanan akademik maupun non-akademik,” tegas Rektor.

Kemudian tak lupa juga Rektor menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua pejabat structural yang hadir atas peran serta dan kontribusi lebih seluruh civitas akademika selama tahun 2023, meskipun masih banyak kekurangan yang ditemukan pada pelaksanaan kegiatan tahun 2023. “Saya ucapkan terima kasih yang seluas-luasnya atas peran serta dan kontribusi lebih secara bersama-sama atas apa yang telah dilakukan pada tahun 2023, walaupun masih banyak kekurangannya,” ucap Saiful.

Pada kegiatan evaluasi tahun 2023 ini, ada muatan-muatan tertentu yang menjadi laporan utama pada satuan pekerjaan masing-masing unit kelembagaan. Ada beberapa Indikator Kinerja Utama (IKU) yang menjadi pembahasan khusus pada kegiatan ini yaitu pertama, Moderasi Beragama yang juga merupakan IKU Kementerian Agama. IAIN Madura dalam satu tahun ini terus memperbaiki instrument-instrumen yang digunakan untuk memperkuat sebuah pola pelembagaan moderasi beragama seperti kegiatan/pembinaan yang dilakukan oleh Rumah Moderasi sehingga nantinya akan dihasilkan sebuah produk atau mampu membentuk sebuah karakter kehidupan kampus yang moderat dan menghasilkan cara pandang, cara berpikir dan perilaku yang moderat bagi mahasiswa.

Kedua, Program Digitalisasi Kampus bertujuan untuk memberikan akses layanan, data, dan informasi yang lebih mudah baik kaitannya dengan administrasi atau layanan akademik. Dengan program ini maka diharapkan semua aplikasi layanan yang ada di IAIN Madura bisa diintegrasikan menjadi satu aplikasi, sehingga bisa memudahkan semua warga kampus yang ingin mengakses layanan atau informasi yang berkaitan dengan IAIN Madura. Program digitalisasi ini juga merancang smart class pada masing-masing Fakultas dan Pascasarjana sebagai branding kelas online. Sehingga perkuliahan yang digelar dengan system jarak jauh bisa menjadi lebih mudah dan memenuhi legalitas secara proses terutama administrasinya.

Ketiga, Kompetensi Lulusan, kedepannya semua lulusan IAIN Madura telah memiliki identitas secara keilmuan yaitu dengan dibekali kompetensi-kompetensi yang betul-betul diuji sebelum mereka lulus dan hasilnya akan tercantum pada SKPI (Surat Keterangan Pendamping Ijazah). Sehingga semua lulusan IAIN Madura bisa memiliki kompetensi keilmuan yang diterima di dunia usaha dan industry.

Keempat, Penelitian dan Pengabdian, diharapkan agar ada pemerataan antara penelitian dan pengabdian terutama dalam hal pembiayaan, sedangkan selama ini bidang penelitian lebih besar dalam hal pembiayaannya dari pada pengabdian. Sehingga kedepan pengalokasiannya dibuat terintegrasi menjadi lebih merata antara kedua bidang tersebut, dan diharapkan memiliki dampak yang signifikan pada kehidupan masyarakat. Untuk tahun 2024 akan diberikan kesempatan khusus bagi program studi umum yang terakreditasi unggul untuk mendapatkan slot penelitian kompetitif bagi dosen yang homebasenya di program studi umum.

Kelima, pembahasan terkait target penambahan Guru Besar dan prestasi mahasiswa ada tahun 2024 diharapkan lebih difokuskan lagi, sehingga IAIN Madura mampu melahirkan guru besar lebih banyak lagi serta mampu meraih lebih banyak prestasi mahasiswa di bidang akademik dan non-akademik pada ajang-ajang lomba yang diselenggarakan baik tingkat nasional maupun internasional.

(Achmad Firdausi / Humas)