Alamat

Jl. Raya Panglegur KM.4 Pamekasan

Telp./WA

+62 898-9700-500

Email

info@iainmadura.ac.id

IAIN Madura Optimis Raih Akreditasi Unggul untuk Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir

  • Diposting Oleh Achmad Firdausi
  • Selasa, 16 Juli 2024
  • Dilihat 59 Kali
Bagikan ke

Pamekasan – IAIN Madura melaksanakan Reakreditasi Lapangan selama dua hari untuk Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IQT) di Aula Rektorat IAIN Madura yang dimulai pada Selasa, 16 Juli 2024. Kegiatan ini dihadiri oleh Dr. Lukman Nugraha, M.Ed. (Kasubdit Akademik Diktis Kemenag RI); Dr. H. Saiful Hadi, M.Pd. (Rektor IAIN Madura); Prof. Dr. Maimun, S.Ag., M.H.I. (Wakil Rektor I); Dr. Ah. Fawaid, M.A. (Dekan Fakultas Ushuluddin dan Dakwah); Asesor Prof. Dr. H. Yusuf Baihaqi, Lc., M.A., dan Dr. Atiyatul Ulya, M.A.; serta seluruh civitas akademika Fakultas Ushuluddin dan Dakwah.

Dekan Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, Dr. Ah. Fawaid, M.A., mengawali sambutannya dengan menekankan keunikan fakultas yang ia pimpin. "Fakultas Ushuluddin merupakan fakultas termuda di IAIN Madura dan sangat unik. Menghadirkannya mungkin mudah, tetapi merawatnya sangat sulit," ujar Dr. Fawaid. "Kami berusaha keras mempertahankan keberadaan Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, yang dibuktikan dengan hadirnya program Magister IQT. Ini menunjukkan komitmen kami untuk menghadirkan jenjang yang lebih tinggi agar mahasiswa bisa mendalami ilmu Al-Qur’an."

Foto: Sambutan Rektor IAIN Madura, Dr. H. Saiful Hadi, M.Pd.

Dr. Fawaid juga menyoroti peran sosial Prodi IQT. "Peran sosial kemasyarakatan Prodi IQT sangat besar, salah satu buktinya adalah keterlibatan dosen dalam penerjemahan al-Qur’an berbahasa Madura bekerja sama dengan Kementerian Agama," tambahnya. "Kami memiliki tekad kuat untuk merawat Prodi IQT agar kami termasuk ke dalam kategori manusia terbaik, yaitu orang-orang yang belajar dan mengajarkan Al-Qur’an," tutup beliau.

Foto: Sambutan Kasubdit Akademik Kemenag RI Dr. Lukman Nugraha, M.Ed.

Sementara Rektor IAIN Madura, Dr. H. Saiful Hadi, M.Pd., menyampaikan apresiasi dan harapan dalam sambutannya. "Kami mengucapkan selamat datang kepada Asesor dari BAN-PT dan Kasubdit Akademik Diktis Kemenag RI di IAIN Madura," ucapnya.

Foto: Sesi foto bersama Pimpinan IAIN Madura dengan Kasubdit Akademik Diktis Kemenag RI dan Asesor BAN-PT.

"Kami hari ini mengantarkan Ketua Program Studi IQT untuk memaksimalkan akreditasi ini, sesuai cita-cita kita bersama, yaitu menjadi prodi unggul. Besar harapan kami kepada asesor kali ini, untuk menjadi bagian dari pelaku sejarah dengan mengantarkan Prodi IQT menjadi unggul, sehingga bisa memberikan pembelajaran yang bermutu kepada mahasiswa.”

Foto: Sambutan Asesor 1 Dr. Atiyatul Ulya, M.A.

Dr. Saiful Hadi juga menambahkan, "Tentunya tidak hanya itu, kami berharap proses penilaian dalam setiap akreditasi lapangan tidak hanya sekadar penilaian, tetapi juga menjadi pembelajaran berkelanjutan bagi kita untuk terus mengevaluasi dan meningkatkan kualitas."

Menaggapi harapan Rektor, Asesor Dr. Atiyatul Ulya mengharapkan kerja sama pengelola, sehingga pelaksanaan akreditasi ini dapat memberikan informasi yang lebih lengkap. "Kami berharap kerja sama pengelola program studi, sehingga pelaksanaan akreditasi ini dapat memberikan informasi yang dirasa masih kurang dan dapat berpengaruh pada hasil penilaian nantinya," tuturnya.

Akreditasi Lapangan ini diharapkan dapat memberikan hasil positif bagi Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir IAIN Madura, menjadikannya lebih unggul dan mampu memberikan kontribusi signifikan dalam bidang pendidikan dan dakwah.

 


Penulis: Achmad Firdausi               Pewarta: Arya Primadi N           Fotografer: Ahmad Suyitno