Alamat

Jl. Raya Panglegur KM.4 Pamekasan

Telp./WA

+62 898-9700-500

Email

info@iainmadura.ac.id

Kuliah Tamu Dengan Tema Penelitian Pendidikan Bahasa Arab: Subtansi dan Metodologi

  • Diposting Oleh Admin Web IAIN Madura
  • Rabu, 20 April 2016
  • Dilihat 10 Kali
Bagikan ke

Hari ini, Rabu Tanggal 20 April 2016 bertempat di Ruang Multicenter Lt. 2, Program Studi Pendidikan Bahasa Arab menggelar kuliah tamu dengan menghadirkan seorang Guru Besar dalam Bidang Bahasa Arab, Yaitu Prof. Dr. H. Muhammad Ainin, M.Pd dari Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Beliau  memberikan kuliah kepada mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Arab khususnya mahasiswa semester 6 selama kurang lebih 3 Jam atau setara 4 SKS. Kuliah Tamu mengambil Tema: “Penelitian Pendidikan Bahasa Arab: Subtansi dan Metodologi”.  Tema tersebut diambil karena kuliah tamu ini bertujuan memperkuat kompetensi mahasiswa mengenai materi-materi apa saja yang memungkinkan bagi mahasiswa untuk diteliti, sehingga mahasiswa bisa terbantu dalam menyelesaian tugas akhir akademik yaitu penulisan skripsi. Di samping itu metodologi penelitian pendidikan bahasa arab juga menjadi materi yang penting untuk mereka kuasai sebagai alat dan cara dalam melaksanakan kegiatan penelitian.

Kuliah Tamu dibuka langsung oleh ketua jurusan tarbiyah Dr. H.Mohammad Muhlis Sholichin, M.Ag. mulai pukul 10.00 sampai selesai. Hadir juga pada kegiatan tersebut Sekretaris Jurusan Tarbiyah Dr. Siswanto, M.Pd.I, Dosen Prodi Pendidikan Bahasa dan Mahasiswa. Sebagai pengantar kuliah tamu ketua program studi pendidikan bahasa arab Dr. Maimun, S.Ag, M.HI menyampaikan dalam sambutannya yang intinya berharap kepada Mahasiswa PBA Khususnya semester 6 agar benar-benar memanfaatkan kesempatan yang sangat langka ini, langka karena bisa belajar langsung kepada seorang Profesor Bahasa Arab di bidang metodologi penelitian bahasa yang sebenarnya jadwalnya sangat padat. Kesempatan tidak datang dua kali, karena itu hari ini harus benar-benar dimaksimalkan untuk menghasilkan masalah yang bisa anda teliti menjadi skripsi, begitu harapan ketua prodi dalam sambutannya.

Selama kuliah tamu berlangsung, para peserta tampak mengikutinya secara seksama, kadang serius dan kadang diselingi dengan senda gurau sehingga para peserta tidak jenuh. Kuliah tamu diawali dengan sebuah permainan menjawab sebuah pertanyaan yang dilontarkan oleh narasumber, dan pemberian reward bagi mahasiswa yang bisa menjawab pertanyaan dosen secara benar. Selanjutnya penyampaian materi selama 1.5 jam tentang materi yang sudah diberikan juga dalam bentuk makalah kepada para peserta. Untuk menghilangkan kejenuhan, fasilitator sambil lalu bermain dengan memberikan Quist bagi peserta untuk di jawab. Bagi peserta yang menjawab secara benar diberi reward, yaitu sebuah buku. peluang bertanya dan berkonsultasi seputar judul skiripsi dan metodologi penelitian juga memanjakan para peserta dalam kuliah tamu ini selama sisa waktu yang tersedia. Akhirnya kegitan kuliah tamu diakhiri dengan do’a oleh KH. Nurul Hadi, Lc, M.Pd. semoga bermanfaat. Amin