Alamat

Jl. Raya Panglegur KM.4 Pamekasan

Telp./WA

+62 898-9700-500

Email

info@iainmadura.ac.id

IQDA Bumikan Solawat dengan Festival Banjari

  • Diposting Oleh Admin Web IAIN Madura
  • Kamis, 5 April 2018
  • Dilihat 11 Kali
Bagikan ke

Dalam rangka mengembalikan dan membangun nilai-nilai keislaman, Unit kegiatan Mahasiswa Ikatan Qori’ Dan Dakwah (UKM-IQDA) adakan Festival Banjari se-Madura yang bertempat di auditorum Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pamekasan, senin (2/4).

Festival banjari tersebut merupakan salah satu lomba yang diadakan UKM IQDA selain dua lomba lainnya, yakni Nasyid Islami dan lomba kaligrafi. “Festifal banjari ini diikuti oleh 32 grup banjari dari beberapa lembaga yang ada di Madura,” tutur ABD. Hamid, ketua umum UKM IQDA.

Dilaksanakannya acara tersebut bertujuan untuk memfilter pengaruh moderenisasi dengan mengukuhkan nilai-nilai keislaman bagi masyarakat Madura. “Tujuan kami ingin menumbuhkan nilai-nilai keislam di era modern ini dan membumikan nasyid-nasyid islami,“ tegasnya. Selain itu, kegiatan tersebut bertujuan untuk mempererat tali silaturrahmi baik antara panitia maupun peserta. “Panitia kan bisa ngumpul bareng dalam mempersiapkan acara ini, sedangkan bagi peserta mereka bisa kenalan, saling mengenal satu sama lain,” sambung Afni Nuria, kordinator keacaraan.

Sementara itu dengan terselenggaranya acara tersebut ketua umum UKM IQDA berharap dapat mengembalikan kejayaan UKM IQDA. “Semoga dengan adanya acara ini bisa mengharumkan nama UKM IQDA dan bisa berjaya lagi,” tutur ABD. Hamid.

Kegiatan tersebut mendapat apresiasi positif dari peserta, salah satunya dari Ahmad Fauzan Rofik ketua grup banjari asal Pondok Pesantren Babul Ulum Nyalaran Pamekasan. “Saya sangat bangga dengan acara ini, karena bisa mewadahi bakat anak didik kami,” tutur Rofik. Meski demikian terdapat pula peserta yang mempertanyakan konsistensi kepanitian Festifal Banjari tersebut, yakni dari segi jumlah peserta. “Di pamflet itu dibatasi 30 grup, sedangakan jumlah peserta yang ikut itu 32,” tutur salah satu peserta yang enggan disebut namanya. (rof)