FGD Selesai, Penyusunan Pedoman Ormawa UIN Madura Capai Tahap Akhir
- Diposting Oleh Achmad Firdausi
- Jumat, 26 September 2025
- Dilihat 132 Kali
Sumenep | Forum Group Discussion (FGD) Revisi Pedoman Umum Organisasi Kemahasiswaan (Ormawa) resmi ditutup setelah berlangsung selama dua hari, yakni pada 23-24 September 2025, di Hotel MYZE, Kabupaten Sumenep. Kegiatan ini menjadi bagian dari upaya menyusun regulasi baru yang lebih adaptif dan relevan terhadap dinamika kehidupan kampus.
Wakil Rektor III UIN Madura, Dr. H. Mohammad Ali Al Humaidy, M.Si., menjelaskan bahwa FGD ini merupakan bentuk upaya bersama untuk menyusun turunan dari regulasi Dirjen Pendis Nomor 3814 Tahun 2024. Pedoman baru ini diharapkan menjadi rujukan utama bagi pelaksanaan kegiatan Ormawa yang lebih sistematis, terarah, dan berorientasi pada peningkatan prestasi.
“FGD revisi pedoman Ormawa ini adalah bagian dari upaya kami untuk memperbaiki regulasi Ormawa. Turunan dari Dirjen Pendis Nomor 3814 tahun 2024 ini akan menjadi acuan baru sebagai bentuk respon terhadap dinamika kampus, agar kegiatan Ormawa ke depan lebih proaktif, dinamis, dan akuntabel,” ujarnya.
Salah satu fokus utama dalam revisi tersebut adalah penguatan sistem Pemilihan Umum Mahasiswa (Pemilwa) tahun 2025 agar dapat berjalan secara efektif, transparan, dan pastinya harus sesuai Dirjen pendis 3814 tahun 2024.
Hingga hari kedua, progres penyusunan telah mencapai 90%. Sisanya akan difokuskan pada evaluasi akhir, termasuk penyesuaian dari aspek narasi dan bahasa hukum. Wakil Rektor III optimis penyempurnaan dokumen dapat selesai dalam waktu dekat.
“Kami menargetkan finalisasi secepatnya, semoga dalam minggu ini sudah selesai. Saya akan berkordinir lagi dengan tim Majelis Kehormatan Penyelenggara Pemilwa (MKPP) untuk finalisasinya,” tambahnya.
Wakil Rektor III juga menyampaikan harapannya agar revisi pedoman ini mampu mendorong Ormawa menjadi lebih aktif dalam menyusun dan menjalankan program-program strategis sesuai visi dan misi UIN Madura, serta mendorong pencapaian prestasi mahasiswa di berbagai bidang.
Editor: Achmad Firdausi