Alamat

Jl. Raya Panglegur KM.4 Pamekasan

Telp./WA

+62 898-9700-500

Email

info@iainmadura.ac.id

Kegiatan Studium General Jurusan Tarbiyah

  • Diposting Oleh Admin Web IAIN Madura
  • Rabu, 24 Februari 2016
  • Dilihat 4 Kali
Bagikan ke

Tema:

 “ Pengembangan Budaya Literasi Mahasiswa di Perguruan Tinggi”

Sebuah fakta mengejutkan datang di Indonesia bahwa menurut Data Penelitian Programme for International Student Assessment (PISA) menyebutkan: Budaya “literasi” masyarakat Indonesia tahun 2012 berada pada urutan ke 64 dari 65 negara. Ditambah lagi dengan Data statistik UNESCO 2012 yang menyebutkan indeks minat baca di Indonesia baru mencapai 0,001. Artinya, setiap 1.000 penduduk, hanya satu orang saja yang memiliki minat baca. Pada Data perbandingan dengan Negara tetangga yang dihitung dengan angka UNDP juga menyebutkan bahwa angka melek huruf orang dewasa di Indonesia hanya 65,5 persen saja. Sedangkan Malaysia sudah 86,4 persen.

Hal ini sebenarnya sungguh sangat tidak baik buat Indonesia dalam konteks opini di dunia internasional. Data ini juga tentu berpengaruh dalam dunia pendidikan tinggi atau kampus di Indonesia yang merupakan basis utama dalam pengembangan budaya literasi. Mahasiswa yang merupakan ujung tombak untuk membuat pembaruan dalam negeri, para intelektual muda yang dalam hal ini adalah mahasiswa dituntut untuk aktif menjadi opinion leader melalui publikasi tulisan dan kemampuan berbahasa asing.  Namun sayangnya, saat ini bangsa Indonesia tertinggal jauh dalam penerbitan buku, publikasi artikel, serta jurnal internasional. Tercatat pada 2003 silam, posisi Indonesia berada pada urutan 134 dunia, dengan indeks 0,88 artikel per 1 juta penduduk

Untuk mendukung memajukan upaya peningkatan dan pengembangan budaya literasi di Indonesia maka, STAIN pamekasan mengandakan studium general yang mempunyai beberapa tujuan diantaranya adalah : 1. Mengoptimalkan budaya literasi mahasiswa di perguruan tinggi. 2. Meningkatkan antuasiasme mahasiswa terhadap budaya literasi di perguruan tinggi. 3. Untuk mempertahankan budaya literasi mahasiswa di perguruan tinggi.

Adapun Peserta dalam pelaksanaan studium General terdiri atas 1000 dari unsur mahasiswa Jurusan Tarbiyah diantaranya dari delegasi prodi Manajemen Pendidikan Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Pendidikan Agama Islam, Tadris Bahasa Inggris, Tadris Bahasa Indonesia, PGRA, PGMI, BKI, Tadris IPS, dan seluruh dosen tetap di Jurusan Tarbiyah. Kegiatan Stadium General ini dilaksanakan pada tanggal 23 Pebruari 2016 pukul 08.00 s.d. selesai yang bertempat di Auditorium STAIN Pamekasan Jalan Raya Panglegur KM 04 Pamekasan.

Adapun yang menjadi narasumber Stadium General adalah DWI LAILY SUKMAWATI salah seorang penerjemah muda balai bahasa Jawa Timur. Menurut nara sumber ada beberapa landasan yang menjadi pentingnya budaya literasi, diantaranya adalah Indeks literasi anak sekolah Indonesia rendah dan Impelementasi Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015: “Penumbuhan Budaya Baca” dan beberapa data hasil riset lembaga internasional dalam konteks literasi dan melek huruf di Indonesia. Oleh karena itu kampus di harapkan membantu percepatan dan pengembangan  budaya literasi di Indonesia dengan beberapa program yang bisa dilakukan oleh kampus atau prodi bahasa Indonesia diantaranya adalah mengadakan Penyuluhan bahasa dan sastra, Bengkel bahasa dan sastra, Lomba kebahasaan dan kesastraan, Pemilihan Duta Bahasa, Temu Ilmiah (seminar, lokakarya, semiloka, konsinyasi, kongres, raker/rakor), Penghargaan sastra, Gerakan Cinta Bahasa Indonesia, Gerakan Indonesia Menulis, Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia, Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing,Pelayanan Umum (perpustakaan, saksi ahli bahasa, penerimaan mahasiswa PKL, penerimaan kunjungan atau studi banding antar kampus bahasa Indonesia dalam upaya penguatan.