Alamat

Jl. Raya Panglegur KM.4 Pamekasan

Telp./WA

+62 324 6123433

Email

info@iainmadura.ac.id

Gerakan Jum’at Sehat, dalam Rangka Menciptakan Jiwa yang Sehat dan Kebersamaan Seluruh Civitas Akademika

  • Diposting Oleh Admin Web IAIN Madura
  • Jumat, 25 Agustus 2023
  • Bagikan ke

Pamekasan – Demikian yang disampaikan oleh Kepala Biro AUAK IAIN Madura, Dr. H. Syamsul Bahri, M.Pd.I., usai melakukan senam bersama seluruh civitas akademika pada Jum’at pagi (25/08/2023) di sebelah selatan halaman Rektorat dengan didampingi instruktur senam. Tujuan kegiatan ini untuk mendapatkan kebugaran jasmani-rohani, disamping itu juga bisa dimanfaatkan sebagai silahturahmi untuk sarana keakraban dan kebersamaan karena dilaksanakan secara bersama-sama dan berbaur antara yang satu dengan lainnya. “Gerakan Jum’at Sehat ini merupakan program IAIN Madura dalam membangun kebiasaan seluruh civitas akademika untuk berbudaya hidup sehat”, jelas Kabiro. 

IAIN Madura secara rutin menyelenggarakan kegiatan Jum’at sehat ini setiap dua minggu sekali, biasanya diisi dengan senam, olahraga atau jalan sehat. Sehingga dengan tubuh dan jiwa yang energik, maka diharapkan bisa menjalankan aktifitas sehari-hari dengan baik, serta bisa memberikan pelayanan yang maksimal kepada seluruh warga kampus. “Hal ini penting dilakukan mengingat kebersamaan dan kesehatan merupakan modal dalam membangun SDM yang kuat sehingga bisa beraktifitas dengan nyaman dan memberikan pelayanan secara prima”, imbuh Kabiro IAIN Madura.

Bahkan pada kesempatan Jum’at (25/08) sehat pagi ini, ada yang menarik dengan hadirnya mantan Kepala Biro AUAK UIN SATU Tulungagung, bapak Drs. H. Abd. Halik, M.M. Beliau sangat mendukung kegiatan ini, bahkan memberikan perbandingan sebagai usulan agar kegiatan ini ditempatkan di sebelah barat gedung rektorat yang suasananya lebih panas karena terjangkau sinar matahari dan manfaatnya sangat besar untuk kesehatan seluruh peserta. “Pak Humas, saya usulkan untuk berikutnya lokasi senam dipindah ke sebelah barat rektorat karena disana lebih panas sehingga lebih cepat berkeringat”, usul Beliau. Bahkan Abd. Halik menambahkan bahwa “Kegiatan di hari Jum’at kalau di UIN SATU Tulungagung tidak hanya senam pagi, kadang-kadang juga ada istighosah” tambahnya.

Gerakan Jum’at sehat ini juga di apresiasi oleh beberapa peserta, seperti yang disampaikan oleh Moh. Hafid Efendy selaku Kalab. Tarbiyah “Kalau bisa kegiatan ini dijadikan kegiatan rutin setiap minggu mas biar hasilnya maksimal”, ungkapnya. Kemudian hal senada juga disampaikan oleh Enni Lindrawati “Saya usulkan kegiatan ini dijadwal setiap minggu, agar bisa cepat ramping badan ini”, candanya sambil tertawa. Setelah kegiatan senam selesai dilaksanakan, nampak suasana keakraban dan kekeluargaan diantara para peserta yang hadir. 

(AF/Humas IAIN Madura)