Alamat

Jl. Raya Panglegur KM.4 Pamekasan

Telp./WA

+62 898-9700-500

Email

info@iainmadura.ac.id

Pramuka Racana IAIN Madura Berprestasi di TRP3TI XIV IAIN Ponorogo

  • Diposting Oleh Achmad Firdausi
  • Jumat, 12 Juli 2024
  • Dilihat 20 Kali
Bagikan ke

Pamekasan – Gerakan Pramuka Racana dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura sukses mengikuti Temu Racana Pramuka Pandega Perguruan Tinggi Islam (TRP3TI) ke-14 yang digelar di IAIN Ponorogo. Acara ini berlangsung mulai tanggal 30 Juni hingga 5 Juli 2024 dan diikuti oleh berbagai Racana dari Perguruan Tinggi Islam se-Jawa Timur, NTB, dan Samarinda. TRP3TI merupakan ajang dua tahunan yang menjadi pertemuan besar bagi para Pramuka Pandega.

IAIN Madura mendelegasikan 16 mahasiswa, terdiri dari 8 putra dan 8 putri, yang didampingi oleh pembina putra Kak Mad Sa’i, pembina putri Kak Heny Uswatun Hasanah, dan Kamabihar Kak Mohammad Ali Al Humaidy, yang akrab dipanggil Kak Malhum.

Foto: Pelepasan Duta Racana Pramuka IAIN Madura oleh Dr. H. Saiful Hadi, M.Pd. (Rektor) pada Jum'at, 21 Juni 2024.

Acara ini bertujuan mempererat persaudaraan antar anggota Pramuka Pandega dari berbagai Perguruan Tinggi Islam, meningkatkan keterampilan, wawasan, dan jiwa kepemimpinan para peserta. Kegiatan ini juga menjadi sarana untuk bertukar pengalaman dan pengetahuan dalam kepramukaan dan pengembangan diri.

Berbagai kegiatan utama dalam TRP3TI XIV meliputi upacara pembukaan, upacara adat, seminar nasional, lomba business plan, pembuatan video pendek, tapak kemah, masakan nusantara, pelatihan budaya Ponorogo, pengabdian kepada masyarakat, dan bhakti sosial. Kegiatan penunjang meliputi talent show, pengajian, shalawat, festival budaya, kunjungan wisata, dan wengker night festival.

Foto: Sertifikat Terbaik 1 Lomba Business Plan

Sebelum berangkat ke IAIN Ponorogo, para peserta mengikuti upacara pelepasan Duta Racana pada Jumat, 21 Juni 2024, yang dipimpin langsung oleh Rektor sekaligus Kamabigus Pramuka IAIN Madura, Kak Saiful Hadi. Dalam sambutannya, beliau berpesan agar para peserta menjaga nama baik IAIN Madura, menjaga kekompakan, dan mengikuti semua rangkaian kegiatan dengan maksimal. Beliau menekankan bahwa partisipasi dalam TRP3TI XIV adalah kesempatan berharga bagi anggota Racana untuk mengembangkan potensi diri dan menjalin persaudaraan dengan sesama Pramuka dari berbagai daerah.

Usai mengikuti kegiatan selama enam hari, para duta Racana disambut kembali oleh Kamabihar, Kak Malhum, pada 10 Juli 2024 dalam apel penyambutan. Kak Malhum mengungkapkan rasa syukurnya atas kembalinya para peserta dengan utuh dan membawa kabar gembira, yakni berhasil meraih juara 1 lomba business plan dan juara 2 lomba pembuatan video pendek.

Foto: Sertifikat Terbaik 2 Lomba Video Pendek

Kedua pembina yang turut hadir, yaitu Kak Mad Sa’i dan Kak Heny turut mengucapkan selamat kepada para juara dan berharap ilmu, pengalaman, serta keterampilan yang didapat selama kegiatan dapat direalisasikan dan dikembangkan di IAIN Madura, khususnya dalam bidang kepramukaan.

Kak Malhum menambahkan bahwa keikutsertaan IAIN Madura dalam TRP3TI XIV ini tidak hanya sebagai ajang kompetisi dan pengembangan diri, tetapi juga sebagai wujud nyata dari semangat gotong royong dan kebersamaan dalam Pramuka. Racana IAIN Madura berharap dapat membawa pulang banyak ilmu, pengalaman, dan kenangan indah yang akan menjadi modal berharga untuk masa depan.

 


Editor: Achmad Firdausi                     Pewarta: Kontributor