Alamat

Jl. Raya Panglegur KM.4 Pamekasan

Telp./WA

+62 898-9700-500

Email

info@iainmadura.ac.id

Halal Bihalal 2024: Peningkatan Moderasi Beragama dan Spiritualitas Civitas Akademika IAIN Madura

  • Diposting Oleh Admin Web IAIN Madura
  • Selasa, 16 April 2024
  • Bagikan ke

Pamekasan – Di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura, halal bihalal tahun ini digelar pada Selasa (16/04/2024) dengan penuh keceriaan dan kehangatan, memberikan kesempatan bagi seluruh civitas akademika untuk bersilaturahmi dan mempererat tali persaudaraan. Sebagai tradisi yang telah lama menjadi bagian dari budaya masyarakat Indonesia, halal bihalal menjadi momen yang dinanti-nanti setelah perayaan Idul Fitri.

Momen halal bihalal di IAIN Madura ini dihadiri oleh dosen, karyawan, serta jajaran pimpinan IAIN Madura. Acara ini berlangsung di Auditorium kampus dan diisi dengan berbagai kegiatan, mulai dari sambutan dari Rektor IAIN Madura, Siraman Qolbu, pembacaan doa hingga sesi bersalaman (saling bermaaf-maafan) dan foto bersama sebagai kenang-kenangan.

Rektor IAIN Madura, Dr. H. Saiful Hadi, M.Pd., dalam sambutannya mengatakan, “Halal bihalal bukan hanya sekedar tradisi, namun juga simbol dari kebersamaan dan persatuan umat Islam. Melalui acara ini, kami berharap dapat mempererat tali silaturahmi dan meningkatkan rasa persaudaraan di antara seluruh civitas akademika IAIN Madura."

Lebih lanjut, Rektor menyampaikan bahwa pada kesempatan ini kita melakukan konsolidasi dan koordinasi secara efektif melalui informasi-informasi yang kita kuatkan bersama, khususnya terkait alih bentuk UIN Madura sebagai kampus tanean lanjheng pengembangan ilmu pengetahuan Islam integratif. Dimana ada tiga komponen utama yang akan kita kuatkan ketika menjadi UIN, yaitu pertama, simbol Kobhung sebagai simbol elemen spiritualitas; kedua, konsep tanean lanjheng (komunitas yang ada pada satu halaman) sebagai konsep pembelajaran yang kuat antar elemen civitas akademika yang ada di kampus; ketiga, elemen lingkungan baik fisik atau psikososial yang lahir atas dinamika kultural yang ada pada satu tanean lanjheng tersebut.  

Selain itu, dalam acara halal bihalal ini juga diberikan siraman qolbu yang disampaikan oleh R. Taufikurrahman, M.Pd.I., untuk memberikan nasihat-nasihat seputar Ramadhan dan hari raya idul fitri kepada para undangan. Para peserta halal bihalal yang berasal dari dosen dan tenaga kependidikan tampak antusias mengikuti setiap rangkaian acara yang diselenggarakan.

Panitia Halal Bi Halal, Ismatul Izzah, mengungkapkan, "Kami berusaha menyajikan acara yang bermakna bagi seluruh civitas akademika IAIN Madura. Melalui mauidhoh hasanah, kami ingin mengingatkan kembali kepada seluruh civitas akademika tentang pentingnya menjaga hati, khususnya setelah puasa dan Idul Fitri."

Acara halal bihalal di IAIN Madura ini berjalan dengan lancar dan mendapat sambutan yang positif dari seluruh peserta yang hadir. Momen ini tidak hanya sebagai ajang untuk bersilaturahmi, tetapi juga sebagai bentuk apresiasi dan syukur atas nikmat dan berkah yang diberikan Allah SWT di bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri.

Sebagai salah satu perguruan tinggi Islam terkemuka di Madura, IAIN Madura terus berkomitmen untuk mendidik dan membina generasi muda yang berakhlak mulia, berilmu, dan berkontribusi positif bagi masyarakat dan bangsa. Halal bihalal tahun ini menjadi salah satu bentuk dari upaya IAIN Madura dalam mengembangkan rasa kebersamaan dan persatuan di kalangan civitas akademika.

 


Penulis: Achmad Firdausi              Fotografer: Prima/Suyitno